Kamis, Mei 28, 2020
Beranda Otomotif Ketahui! Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya

Ketahui! Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya

Ketahui! Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya

Motor starter, saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dari awalnya yang masih berupa kick starter, saat ini telah bisa dilakukan dengan electric starter. Motor starter sendiri terdiri atas berbagai komponen motor starter yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Beberapa Komponen Motor Starter dan Fungsinya

Berikut ini beberapa komponen motor starter beserta fungsinya yang sangat penting untuk Anda ketahui:

  • Komponen Motor Starter: Yoke dan Pole Core

Yoke merupakan bagian yang berperan sebagai tempat pengikatan pole core. Sedangkan pole core sendiri berfungsi sebagai penopang field coil serta memperkuat medan magnet yang dihasilkan field coil. Umumnya, motor starter memiliki 4 pole core yang terikat pada yoke.

  • Komponen Motor Starter: Field Coil

Medan magnet yang kuat, yang dihasilkan pada motor starter berasal dari field coil. Bentuk field coil adalah berupa kumparan yang apabila dialiri dengan listrik, maka mampu menghasilkan medan magnet yang cukup kuat. Komponen motor ini dihubungkan secara seri dengan armature, sehingga aliran listrik dapat dihantarkan ke armature coil.

  • Komponen Motor Starter: Armature

Armature terdiri atas armature core, armature coil, shaft armature, dan komponen lainnya. Shaft armature memiliki dua ujung yang keduanya ditopang oleh bearing, sehingga armature dapat berputar dengan stabil. Arus listrik akan melapisi armature coil kemudian mengakibatkan komponen armature dapat menghasilkan momen putar untuk memutarkan fly wheel.

  • Sikat atau Brush

Pada umumnya, motor starter memiliki empat buah sikat atau brush. Dari empat sikat tersebut, dua sikat bersifat positif, dan dua sikat lainnya bersifat negatif. Sikat positif akan dihubungkan dengan comurator, dan sikat negatif akan dihubungkan dengan masa body kendaraan. Agar sikat positif dapat berhubungan dengan cormurator, maka terdapat pegas yang berfungsi untuk menekan sikat. Ketika sikat mulai habis, maka momen putar yang dihasilkan oleh motor starter akan semakin lemah, atau bahkan tidak menghasilkan putaran.

Beberapab di atas merupakan bagian dari motor starter yang menghasilkan gaya putar. Adapun bagian motor starter sebagai mekanisme pemindah tenaga memiliki komponen-komponen lain yang juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TEMUKAN SAYA

345FansSuka
2,758PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Most Popular

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Sebelum Membelinya

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Sebelum Membelinya Inovasi teknologi Smart TV...

Harga Terbaru Tiket Disneyland Tokyo yang Bisa Anda Beli

Harga Terbaru Tiket Disneyland Tokyo yang Bisa Anda Beli Apakah anda pernah pergi...

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman Selalu memeriksa dan merawat...

Ketahui! Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya

Ketahui! Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya Motor starter, saat ini telah mengalami perkembangan...